Tips memilih Android yang Berkualitas

Tips memilih Android yang Berkualitas
MF Zona - Tips Memilih Android Yang Berkualitas,  Jaman semakin maju, alat komunikasi yang satu ini makin populer. Ya, Android, Mungkin sebagian orang sudah mengenal dan memakai android. Tapi, masih banyak ternyata orang yang belum memakai android dan bahkan belum tau apa itu android.

Sebelum masuk ke tips memilih android yang berkualitas, ada baiknya saya disini menjelaskan sedikit tentang Android.

Android adalah sistem operasi yang berbasis linux yang digunakan di smartphone ataupun tablet PC. Fungsi Android tentunya sama seperti sistem operasi lainnya seperti iOS, Blackberry, Symbian, dll. Yaitu untuk menjalankan sebuah perangkat. Karena tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menggunakan perangkat tersebut baik itu komputer, maupun android.

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Android yaitu Open Source atau Gratis. Sehingga membuat Android dijual lebih murah daripada Blackberry dan iOS meskipun fitur yang ditawarkan Android lebih baik.

Banyak perusahaan handphone yang menggunakan sistem operasi android untuk handphone-handphone keluaran terbarunya. Tapi, tidak semua handphone Android berkualitas. Banyak handphone Android yang harganya sangatlah murah, tapi kualitas sangat jelek. Pasti sobat disini pengen kan membeli Android dengan harga murah tetapi memiliki kualitas yang baik. Jadi, sobat harus teliti sebelum membeli Android. Janganlah tertipu dengan harga yang murah.

Nah, maka dari itu disini saya akan menjelaskan Tips memilih Android yang Berkualitas untuk kebutuhan sehari hari seperti menelpon, SMS, berfoto, bermain game, dan lain-lain.



Smartphone Android

Tips memilih Android yang Berkualitas :

1. CPU ( Central Processing Unit )

Tips memilih Android yang Berkualitas yang pertama adalah CPU. Sudah tak asing kan dengan kata CPU ? Ya, CPU adalah otaknya sebuah komputer. Seperti halnya komputer, Android juga memiliki CPU. CPU sangatlah penting dalam Android, CPU Android sebagai otak pada Android sehingga Android mampu melakukan berbagai aktivitas dengan cepat.


2. RAM ( Random Access Memori )

Tips memilih Android yang Berkualitas ke-2 adalah RAM. Sama halnya seperti pada komputer, RAM pada android juga memiliki peranan yang sangat penting. Yaitu berupaya mengatur keseimbangan saat ponsel sedang multitasking ( menjalankan beberapa aplikasi sekaligus )

Dengan RAM yang baik, Sobat dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus tanpa takut adanya lemot pada android sobat. Android yang baik setidaknya memilik RAM Minimal 1GB.


3. Display Layar

Tips memilih Android yang Berkualitas ke-3 adalah Display Layar. Sekarang, banyak perusahaan yang mengeluarkan android dengan layar yang lebar dan besar dengan kualitas yang baik. Yang perlu sobat perhatikan adalah teknologi layar yang digunakan. Teknologi layar minimal OS Android adalah tipe IPS ( In-Plane Switches ) dengan warna minimal 16 juta warna dan mendukung multitouch untuk memudahkan kebutuhan sobat.

Ukuran layar sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan sobat, Jangan yang terlalu besar karena merepotkan sobat dibawa kemana mana. Jangan juga terlalu kecil, pilihlah ukuran yang sedang saja dan pas di tangan.


4. GPU ( General Processing Unit )

Tips memilih Android yang Berkualitas ke-4 adalah GPU. Ya, GPU berperan sebagai grafis pada ponsel android. Jika GPU Sobat bagus, saat sobat menjalankan game 3D dengan kualitas HD, maka tampilan grafisnya pun sangat bagus. Kebalikannya, jika GPU sobat jelek, saat sobat menjalankan game 3D dengan kualitas HD, maka tampilan grafisnya pun sangat jelek. Jadi, pilihlah Android yang memiliki Spesifikasi GPU yang tinggi.


5. Baterai

Tips memilih Android yang Berkualitas ke-5 adalah Baterai. Siapa sih yang tidak mengerti baterai. Smartphone yang baik dan berkualitas memiliki daya baterai dengan kapasitas yang besar. Pasti semua orang tidak ingin ketika sedang asyik bermain games, online, dan baterai habis. Nah, sebaiknya pilihlah Android yang memiliki daya baterai dengan kapasitas yang besar, Minimal Baterai untuk OS Android adalah 2000mAh dan lebih besar lebih baik.

6. Kamera

Tips memilih Android yang Berkualitas ke-6 adalah Kamera. Kamera juga termasuk hardware terpenting dalam Android. Jenuh rasanya jika smartphone secanggih Android tidak memiliki kamera. Pasti sobat sudah tau kan fungsi kamera itu apa. Ya, benar sekali , Kamera memiliki fungsi untuk berfoto. Nyesel kan kalau sobat ketinggalan memotret momen terbaik karena tidak punya kamera. Jadi, sebaiknya pilihlah Android yang memiliki fitur kamera belakang minimal 5MP untuk menghasilkan kualitas gambar yang baik.

7. Jaringan Dan Konektifitas

Tips memilih Android yang Berkualitas ke-7 adalah Jaringan dan Konektifitas. Internet memang menjadi kebutuhan setiap orang. Dirumah, dikantor, direstoran, dan di tempat tempat lainnya pasti membutuhkan internet. Android pun harus memiliki fitur internet. Agar memudahkan sobat untuk mengakses internet dimanapun sobat berada. Jangan hanya sekedar internet, sobat juga harus teliti dalam memilih jaringan internet. Pilihlah Android yang mendukung jaringan yang cepat, Minimal 3G atau HSPA, Terlebih lagi jika smartphone android sobat sudah mendukung 4G LTE.
Selain internet, konektifitas lainnya seperti Bluetooth, Wi-Fi, Usb Port juga harus tersedia pada Android sobat.

8. Merk

Tips memilih Android yang Berkualitas ke-8 adalah Merk. Jaman sekarang banyak merk-merk yang menawarkan smartphone Android. Hal ini tentu membuat sobat bingung memilih yang mana. sobat tidak perlu bingung saat memilih merk, pilihlah merk yang populer. Selain itu, pastikan sobat mengetahui secara pasti rekam jejak dan gallery resminya untuk memudahkan sobat ketika menservice ponsel android sobat.


Oke, itu dia Tips memilih Android yang Berkualitas. Semoga Tips memilih Android yang Berkualitas dapat bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.
Previous
Next Post »